Sukses Terbesar Dalam Hidupku

Nama saya Muh.Dendy Syafardan. Saya lahir pada tanggal 01 Juni 1993. Saya lahir di salah satu kota berjarak kurang lebih 200 km dari Makassar, yaitu Rappang. Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui kota Pare-pare saja, yaitu kota dimana salah satu mantan presiden kita dilahirkan, bapak Bacharuddin Jusuf Habibie. Hal ini lah yang memotivasi saya dalam mencapai sukses terbesar dalam hidup saya.

Sebelumnya, mari kita samakan jendela pengetahuan mengenai arti dari ‘Sukses’ itu sendiri. Sukses (suk·ses /suksés/) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah berhasil atau beruntung. Tentunya sukses merupakan suatu hal yang relatif, karena setiap orang memiliki definisi suksesnya masing-masing. Entah kesuksesan dalam karir, pergaulan, maupun kehidupan mereka dalam gambaran yang lebih besar lagi.

Lantas, bagaimana dengan kesuksesan terbesar dalam hidup saya? Banyak kesuksesan yang pernah saya jalani, dan cukup banyak juga kegagalan yang telah menempa saya agar dapat mencapai kesuksesan lainnya. Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa kesuksesan terbesar dalam hidupnya adalah menjadi orang yang sangat kaya, menjadi seorang professor, atau bahkan selalu menjuarai setiap lomba ia ikuti. Hal itu tidak salah, karena pada dasarnya setiap manusia memiliki target sukses yang berbeda-beda.

Hanya saja saya tidak melihat semua itu menjadi sukses terbesar dalam hidup saya, melainkan misi untuk dapat mencapai kesuksesan terbesar dalam hidup saya. Kembali lagi pada bacaan di paragraf pertama, kesuksesan terbesar saya adalah agar dapat menjadi sosok yang inspiratif dan membuat kota kelahiran saya dikenal banyak orang karena saya. Meskipun terdengar sulit, tetapi saya yakin dapat mencapainya.

Menjadi sosok yang inspiratif, hal ini lah yang mungkin membedakan kesuksesan terbesar saya dengan kesuksesan terbesar orang pada umumnya. Hal yang sangat berat untuk dicapai, tetapi sangat menyenangkan jika tercapai. Lalu, mengapa harus menjadi sosok yang inspiratif?

Menurut saya, sosok yang inspiratif adalah sosok yang dapat memberikan ilham atau motivasi kepada semua orang di sekelilingnya, bukan hanya karena harta maupun kuasa yang ia miliki. Dalam buku ‘The 100’ (buku yang menceritakan tentang orang yang paling berpengaruh di dunia sepanjang masa), tidak ada satu nama pun yang terdaftar karena kekayaan ataupun jabatan yang pernah ia miliki. Melainkan karena kemampuan mereka untuk berbagi kepada dunia.

Disinilah saya, menuliskan impian tentang kesuksesan terbesar dalam hidup saya. Dan disinilah saya, berjuang agar dapat mencapai kesuksesan terbesar tersebut. Untuk menjadi sosok yang inspiratif, serta berguna terhadap lingkungan dan membawa kebaikan dalam setiap langkahnya.

Leave a Reply

