Internet, Resource For Your Future

“Dapatkah saya bertahan sehari tanpa internet?”

Tiba-tiba terpikir tentang satu topik dari suatu Blog Competition tentang Internet. Sehari tanpa Internet. Topik yang sangat menarik jika diangkat, melihat fungsi internet sekarang bukan hanya sebagai sarana pelarian dunia nyata saja. Melainkan lebih jauh dari itu.

Internet sendiri merupakan akronim dari Inter dan Network, yang jika diterjemahkan secara harfiah akan menjadi “Antar Jaringan”. Hal itu menjelaskan fungsi dari internet itu sendiri, yaitu menghubungkan para user internet satu dengan yang lain, yang di dalamnya terdapat berbagai macam sumber informasi dan ilmu pengetahuan.

Sebelum kembali membahas dampak yang akan terjadi jika tidak ada Internet, ada baiknya jika melihat berbagai dampak Internet dari beberapa aspek terlebih dahulu.

Dampak Positif

  • Sosial; memperpendek jarah komunikasi dan melakukan efektifitas dalam pengerjaannya
  • Pendidikan; mempermudah  akses informasi tiada batas pada pengguna
  • Bisnis; mempermudah penyebaran informasi tentang bisnis terkait

Dampak Negatif

  • Sosial; ajang pamer serta kurangnya privacy terhadap informasi diri sendiri
  • Pendidikan; pemberian informasi yang salah dan tidak akurat yang menjerumuskan
  • Bisnis; penipuan yang mengatasnamakan bisnis terkait

Jika melihat berbagai dampak diatas, dapat dilihat bahwa Internet sendiri telah masuk kedalam berbagai fungsi kehidupan secara mendalam, khususnya di fungsi sosial. Lebih dari itu, Internet sekarang telah menjadi kebutuhan. Ibaratnya, makan dan minum telah menjawab kebutuhan pribadi kita, dan Internet lah yang akan menjawab kebutuhan sosial kita.

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia pun terjadi dengan sangat pesat. Dari 1.9 juta pengguna pada tahun 2000, menjadi 107 juta hanya dalam waktu 14 tahun belakangan ini. Dan di asumsikan bahwa nilai tersebut akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Kembali ke pertanyaan mendasar, “Dapatkah saya bertahan sehari tanpa internet?”. Jawabannya adalah, Ya. Saya dapat bertahan. Meskipun begitu, akan banyak informasi yang pastinya akan saya lewatkan, khususnya untuk kehidupan sosial. Manusia adalah makhluk sosial. Begitulah kata seorang filsuf Yunani kuno, Aristoteles. Dan hal itulah yang dapat menjelaskan alasan kenapa Internet menjadi ‘candu’ bagi manusia sekarang, termasuk saya sendiri.

Twitter sendiri merupakan contoh yang paling sesuai untuk melihat tingkat ‘kecanduan’ manusia terhadap Internet. Dimana dalam suatu riset pernah disebutkan bahwa, in average para pengguna twitter akan berkicau minimal 3 kali perharinya. Angka yang kecil sebagai individu, tetapi jika di jumlahkan dengan pengguna aktif twitter yang berjumlah 200jt pada tahun 2013, maka akan terdapat minimal 600juta informasi perharinya hanya dalam satu website saja.

Sebagai penutup, ada baiknya jika kita mulai mempelajari media Internet tersebut secara bijak dan lebih bertanggung jawab. Karena disamping berbagai dampak positif yang akan kita terima, terdapat pula dampak negatif yang akan kita rasakan, secara langsung maupun tidak langsung. Mulailah memanfaatkan Internet sebaik-baiknya, karena Internet is a resource for your future.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: