Trik Menghafal Cepat

Hafalan. Pada umumnya hafalan merupakan suatu hal yang selalu kita lakukan baik sadar maupun tidak sadar. Hafalan itu sendiri banyak jenis dan cara untuk melakukannya. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan suatu cara menghafal yang (semoga) cepat dan (semoga) efektif yang dapat kita gunakan. Dibawah berikut ada berbagai nama asing maupun tak asing yang akan kita hafalkan.

1. Louis Pasteur

2. Galileo Galilei

3. Aristotle

4. Euclid

5. Moses

6. Charles Darwin

7. Shih Huang Ti

8. Augutus Caesar

9. Nicolaus Copernicus

10. Antoine Laurent

Ada beberapa teknik hafalan yang sering kali saya dapatkan dari pelajaran formal maupun pelajaran informal saya. Entah itu dengan jembatan keledai maupun menghafalkan huruf depan dari setiap kalimatnya. Berikut merupakan cara baru dalam menghafal yang sepertinya cukup efektif dan juga efisien baik dalam hal waktu maupun pemikiran.

Jika kita menghafalkan semua nama diatas, tentunya agak susah agar dapat dihafal dalam waktu yang lumayan cepat. Anda bisa membuat berbagai cerita seperti contoh dibawah ini agar dapat mempermudah ingatan anda tentang nama-nama diatas tadi.

Louis Pasteur dapat gaji dobel. Galileo Galilei sebel karena Pasteur dapat gaji gede dibanding dirinya. Karena sebel, Ia langsung mampir ke nasi timbel Pak Aristotle. Lagi enak makan nasi make sambel, Mas Euclid datang dan menawarkan buku fable jualannya. Galilei menolak untuk membeli karena ingin membeli mebel dari kang Moses. Singkat kata, mebel sudah ada diatas mobil. Eh, ban mobilnya kempes tiba-tiba. Untungnya ada tukang tambal Charles Darwin dipinggir jalan. Sambil menunggu, Galilei meminum teh asli china berlabel Shih Huang Ti. Ternyata bubuk the yang dimasukkan kedalam gelasnya berjubel.Belum habis satu tegukan, datanglah si Augustus Caesar. Cesar ini datang bersama teman-temannya, Nicolaus Copernicus dan Antoine-Laurent Lavoisier yang mau menambal ban juga. Pada akhirnya, mereka berempat hidup bahagia selamanya

Mungkin itu adalah cerita garing nan jayus tetapi efektif dalam menghafal kalimat tadi. Semoga ilmu ini dapat diterapkan dalam pelajaran Matematika, Fisika maupun Kimia. Selamat mencoba

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: