Google, Innovasi Tiada Henti

Seperti yang kita ketahui, Google merupakan salah satu perusahaan paling kreatif dalam inovasi dan perusahaan nomor satu dalam search engine. Berawal dari penelitian 2 orang mahasiswa Stanford University, Larry Page dan Sergey Brin yang juga menjadi founder Google itu sendiri mengenai situs Search Engine sebagai tesis nya, kini penggunaan Google sebagai Search Engine telah meluas di seluruh dunia. Telah mengalahkan beberapa kompetitor besar seperti  Yahoo dan MSN. Tidak hanya sebagai mesin pencari dokumen,

Image

Google itu sendiri merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 miliar, menjadikannya bernilai $23 miliar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

PENDAPATAN ▲23,651 miliar USD (2009)
LABA USAHA ▲8,312 miliar USD (2009)
LABA BERSIH ▲6,520 miliar USD (2009)
JUMLAH ASET ▲40,497 miliar USD (2009)
JUMLAH EKUITAS ▲36,004 miliar USD (2009)
KARYAWAN 20.621 (2010)
ANAK PERUSAHAAN YouTubeDoubleClickOn2 TechnologiesGoogle VoicePicnikAardvarkAdMob,Motorola Mobility

Sudah cukup untuk membahas segala kelebihan dari Google. Marilah kita melihat beberapa inovasi produk yang telah dilakukan oleh Google yang terdiri dari;Search Engine

  1. Search Engine, Program komputer yang membantu kita dalam pencarian file-file yang disimpan di dalam computer, biasanya dalam bentuk website. Google menjadi Search Engine peringkat teratas di dunia karena design nya yang simple dan hasil pencarian yang akurat, karena informasi nya yang sangat banyak
  2. Google Maps, Program computer yang juga kini dapat digunakan dalam ponsel berakses internet, yaitu peta digital yang juga dapat berfungsi sebagai pencarian lokasi dengan penunjuk jalan dan pencarian rute cadangan. Google Maps ini juga dapat melacak keberadaan orang lain dengan bantuan akun Google Mail.
  3. Google Books, Mirip seperti Search Engine, namun kata kunci yang kita masukkan bukan dihubungkan dengan dokumen atau artikel, tetapi dihubungkan dengan teks buku. Jika buku yang dimaksud tidak ada dalam domain, kita dapat men-download hasil PDF nya secara bebas.
  4. Google Translate, Fitur yang membantu kita menerjemahkan antar-bahasa dengan instan. Dan satu keunikannya yang lain  yaitu Deteksi Bahasa. dengan deteksi bahasa kita tidak hanya dapat menerjemahkan sebuah kata atau kalimat saja, tetapi kita dapat mengetahui artikel dengan berbagai macam bahasa yang tentunya didukung oleh Google Translate. Namun hasil terjemahannya belum 100% akurat karena Google Translate hanya memberikan hasil Google Terjemahan yang didapat dari pencarian dan pencocokan berbagai pola di ratusan juta dokumen yang digunakan untuk memutuskan terjemahan mana yang paling baik. Dengan mendeteksi pola dalam berbagai dokumen yang telah diterjemahkan oleh penerjemah manusia, Google Terjemahan dapat menebak dengan cerdas terjemahan apa yang paling tepat
  5. Google Mail atau Gmail, GMail atau dikenal juga dengan Google Mail adalah layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis
  6. Fast Flip, Google telah mengeluarkan inovasi terbarunya yang bernama Fast Flip. Fast Flip ini dikembangkan oleh google untuk mempermudah dan mempercepat pencarian artikel dan berita secara online di web. Fast Flip memungkinkan pengguna untuk melihat secara singkat situs – situs berita sehingga kita bisa mengetahui secara langsung berita terbaru situs – situs tersebut secara thumbnail (singkat) tanpa harus membukanya secara penuh. Hal ini tentu saja mempermudah kita dalam mencari berita karena kita tidak perlu membuka halaman situs yang tidak sesuai dengan pencarian anda. Google Fast Flip ini diklaim akan bisa meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk membaca suatu situs dan akan bisa meningkatkan earning dari situs – situs tersebut. Fast Flip menampilkan situs – situs berita tersebut layaknya sebuah majalah, dimana saat kita memilih salah satu situs berita, maka akan ditampilkan dalam bentuk gambar seperti halaman – halaman majalah. Saat ini Fast Flip memang masih dalam tahap pengembangan dan penelitian lebih lanjut. Fast Flip ini juga akan mengadopsi teknologi touch screen untuk IPhone sehingga nanti kita bisa melihat berita dari situs online layaknya membaca sebuah majalah, baik itu dari PC maupun dari IPhone.

Dari keenam inovasi produk diatas itu sendiri telah memperkokoh posisi Google sebagai search engine nomor satu di dunia. Selain itu, Google sendiri memiliki berbagai platform yang sering kita gunakan tapi kita sendiri bahkan tidak mengetahui bahwa hal tersebut merupakan bagian dari Google itu sendiri.

Akhir kata, Google dengan suksesnya masuk kedalam tulisan saya sebagai salah satu perusahaan dengan Innovasi Tiada Henti. Dimulai dari sebuah tesis yang kemudian menghasilkan benda cipta guna yang sangat berguna bagi dunia. Dimulai dari fitur media sampai dengan fitur pengubah bahasa. Semua telah kita dapatkan di Search Engine nomor satu di dunia ini. Berikut adalah beberapa fakta unik tentang Google yang kiranya dapat menambah ketakjuban tiada henti anda terhadap perusahan kreatif ini;

  1. Alasan pertama mengapa halaman utama Google sangat minim untuk ukuran website adalah karena perancangnya kurang menguasai HTML dan menginginkan sebuah halaman yang cepat dan praktis.
  2. Dari homepage yang serba kurang tersebut, banyak orang merasa ada elemen yang belum diloading sehingga mereka menunggu saja. Akhirnya perancang webnya menampilkan pesan copyright untuk menandakan halaman telah diloading seluruhnya.
  3. Fitur “did you mean….” yang anda lihat sekarang merupakan hasil diskusi yang sangat lama mengenai posisinya. Dan posisi “did you mean….” sekarang merupakan posisi yang terbaik.
  4. Tombol “I’m Feeling Lucky” hampir tidak pernah digunakan sebelumnya. Ketika Google berencana menghapus tombol yang telah terpasang itu, entah bagaimana trafik mereka menurun. Ternyata banyak user yang suka menggunakan tombol tersebut, sehingga “I’m Feeling Lucky” tetap eksis sampai sekarang.
  5. Google melakukan perubahan secara kecil dan berkala.
  6. Google memiliki jaringan penerjemah terbesar di dunia.
  7. Google selalu memperhatikan bagaimana cara user menggunakan search enginenya. Jadi, setiap anda menggunakan Google, itu selalu dimonitor oleh Google.
  8. Segala email yang anda kirim ke Google akan dibaca dan direspon, jadi mengirim email ke Google bukanlah mengirim email ke lubang hitam yang tak jelas.
  9. Gmail ternyata telah digunakan secara internal oleh Google sebelum dilaunch ke publik.
  10. Karyawan Google diberi 20% dari waktu kerja mereka untuk mengembangkan proyek mereka sendiri. Google news dan Orkut adalah hasil nyata dari kerja model ini.

Sources: blog.bursamuslim.com, google

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: