Muslim and Christian

Jika anda berharap post ini akan sama dengan post-post sebelumnya, saya harapkan anda agar segera berpindah post saja. Post ini semata-mata dari sudut pandang saya sendiri dan juga beberapa referensi yang saya gunakan dan temukan. Sekali lagi saya himbau bagi kalian yang merasa post ini akan sama dengan post-post sebelumnya, dengan hormat saya persilahkan anda agar segera BERPINDAH POST saja.

Akhir-akhir ini banyak pemberitaan tentang film karya Sam Bacile yang berjudul Innocence of Muslim yang dikatakan telah mengejek-ngejek Muhammad SAW. Saya seorang muslim – SAYA SEORANG MUSLIM – Setelah saya menonton beberapa trailer dari film tersebut dan melihat dari berbagai kenyataan, saya melihat bahwa masih banyak dari kita yang tidak menggunakan akal sehat dalam berpikir dan semena-mena mengikuti arus saja.

Tentunya masih terekam dengan jelas kejadian 9/11 yang telah menewaskan kurang lebih 3000 warga Amerika pada tahun 2011 silam. Dan tentunya masih terekam dengan jelas juga diingatan kita tentang peristiwa International Burn Koran Day pada tanggal yang sama, 9/11 tahun 2010 yang diinisasikan oleh seorang pastor ekstrimis bernama Terry Jones. Gambar diatas sebenarnya sangatlah “menyentil” saya, karena saya merupakan satu dari sekian juta orang yang berpikiran demikian. Ketika adanya aksi terroris yang mengatasnamakan agama Islam dan telah menghilangkan banyak nyawa, kerap kali kita mengatakan bahwa “Tidak semua muslim begitu, tidak semua muslim terroris”. Tetapi kita kita diberikan cobaan berupa ancaman membakar kitab Al-Quran oleh pastor Terry Jones, “DEATH TO AMERICA!”. Lalu pertanyaannya adalah, apakah 19 orang terrorist itu merupakan representative umat muslim secara keseluruhan? Jawabannya tentu TIDAK. Dan apakah 1 orang pastor ekstrimis itu juga merupakan representative seluruh America yang berjumlah kurang lebih 316.5 juta penduduk? jawabannya tentu TIDAK.

Kerap kali kita sering menilai beberapa hal dari apa yang kita dengar – APA YANG KITA DENGAR – bukan dari apa yang kita pelajari, telaah maupun mengerti. Kembali ke Innocence of Muslim. Sejujurnya, saya juga cukup geram dengan perbuatan Sam Bacile yang merupakan script-writer, producer dan juga sutradara dari film tersebut. Tapi apakah dengan melakukan aksi “bunuh-bunuhan” warga Amerika serta “bakar-bakaran” bendera Amerika kegeraman saya itu akan hilang? Tentu saja tidak, BODOH. Hal tersebut malah akan memicu aksi ekstrimis dari warga Amerika lainnya yang merasa negaranya telah diinjak-injak. Dan jika warga Amerika melakukan aksi esktrimis lagi, pastinya akan ada dari pihak muslim yang akan membalasnya. Kejadiannya akan terus seperti itu sampai “Saat itu tiba“. Perlu digaris bawahi, seorang Nakoula Basseley Nakoula a.k.a Sam Bacile merupakan seorang Coptic Christian yang juga seorang narapidana yang baru saja dikeluarkan dari penjara pada bulan juni tahun 2011 silam dan baru dikeluarkan dari Halfway House beberapa minggu sebelum film Innocence of Muslim dibuat.

Sebenarnya saya tidak suka menorehkan banyak tulisan yang hanya timbul dari pemikiran saya saja. Saya harap tulisan ini bukan menjadi titik akhir kita dalam berpikir dan mencari jawaban, melainkan menjadi titik awal kita dalam mencari titik akhir tersebut yang tentunya dilandasi dengan pola pikir yang lebih baik dari sebelumnya. Akhir kata, semoga damai akan senantiasa meliputi bumi ini dan juga dalam bertoleransi dalam beragama. Karena dalam kedua belah agama pun telah terdapat unsur toleransi tersebut (kebetulan saya memiliki kedua kitab tersebut). Dimana disebutkan di:

  • Al-Quran, dapat dilihat di surah Al Kafirun : 6 yang berbunyi “Bagi kamu agamamu dan bagiku agamaku.”

  • Bible New Testament, dapat dilihat di Efesus 4 : 32 yang berbunyi “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagai mana Allah didalam kristus telah mengampuni kamu”

sources: wikipedia.com , youtube.com, Al-Quran & Bible New Testament

Leave a Reply

